Rabu, 12 Agustus 2009

potensi mikrohidro di Lombok


Mikrohidro mungkin salah satu jalan keluar yang dapat dijadikan solusi bagi pilao Lombok untuk mengatasi devisit energi listrik 20 GW yang dialami PLN Lombok beberapa tahun belakangan ini. potensi di pulau lombok untuk mengembangkan PLTMh juga mendukung, disetiap kabupaten dan kecamatan terdapat banyak mata air yang belum di manfaatkan. mata air yang ada sekaran dimanfaatkan sebagai sumber pengairan tanah pertanian saja dan jika tidak musim tanam air tersebut terbuang percuma.
Semua pihak yang terkait pemerintah, swasta dan investor serta lembaga masyarakat seharusnya tanggap terhadap masalah kekeurangan listrik dan solusi yangtersedia di sekitar kita.
Jikalau kita mengambil pelajaran dari keadaan yang terjadi bahwa listrik sangat penting untuk kehidupan dan sekarang sedang sulit, di daerah alin seperti jawa, sulawesi dan sumatra PLTMh sangat digalakkan karena selain tanpa polusi juga berkelanjutan dan bahan baku tidak pernah habis selama tidak terjadi pengerusakan hutan sebagai sumber air utama.
Potensi yang terdapat di pulau lombok seperti sungai yang banyak dan alami, air tejun yang memiliki debit luar biasa, seperti sendang gile, benang setokel dll. LANJUT

Tidak ada komentar: